Friday 8 April 2016

Cara Sederhana Membuat Database dan Menggabungkan Tabel menggunakan MySQL

Untuk postingan saya kali ini adalah pembuatan database dan juga tabel dengan menggunakan mySql server Command prompt, dalam pembuatan database ini tidak terlalu sulit (bagi yang sudah mengerti :) hhee... )bagi yang belom tenang saja karena dibawah ini saya akan menjeleskan secara rinci tahapan tahapannya dan juga cara penggabungan tabel.
yang dibutuhkan peralatannya adalah install terlebih dahulu XAMPP sebagai server, bagi yang belum punya bisa download disini.

Cara Sederhana Membuat Database dan Menggabungkan Tabel menggunakan MySQL

Membuat database dan tabel mengenai distribusi barang. Pertama menyalakan sever mysql dengan menggunakan xampp,
     
XAMPP


            Kemudian buka Command prompt dengan cara klik START > tulis cmd pada kolom search > jika database tersimpan di drive C maka ketikan “cd..” sampai tidak ada folder yang terbuka.

Ketik “xampp\mysql\bin\mysql –u root” > Enter

Ketik ”create database distribusi_barang;” > Enter

Pembuatan database sudah selesai. Untuk menggunakan database yang sudah dibuat perintahnya adalah “use distribusi_barang;”.

Selanjutnya membuat table beserta field nya dengan nama-nama tabel sebagai berikut : distributor, customer, laporan, pembayaran, purchase_order. Caranya ketikan seperti gambar berikut untuk membuat tabel distributor :



Untuk membuat tabel customer caranya :

Untuk membuat tabel laporan caranya :

Membuat tabel purchase_order caranya :

Membuat tabel pembayaran caranya :

Lakukan hal seperti diatas sampai kelima tabel selesai. Untuk melihat tabel yang sudah dibuat ketikan “show tables;”

Isi record data pada masing-masing table, lihat perintah sql pada gambar berikut untuk mengisi record data tabel distributor :

Untuk menambah record dengan satu data hilangkan tanda koma “,” dan diganti dengan tanda titik koma “;”

Isikan semua data record pada semua tabel dengan cara sama seperti gambar diatas. Untuk melihat isi record data pada tabel distributor ketik “select*from distributor;”
Database


  Pengertian ERD
Pengertian dari ERD (Entity Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
Pada dasarnya ada tiga komponen yang digunakan, yaitu :


No comments: