Wednesday 17 August 2016

Pengertian dan Penggunaan Internet Protocol

internet protocol

Satu Buah internet protokol atau yg dikenal sbg IP yaitu sebuah aturan atau protokol yg mengatur sebuah komunikasi data dalam jaringan internet. Internet protocol ini dapat memberikan penukaran data dari satu buah pc menuju ke pc yang lain.
Protokol atau aturan ini berdiri atas sekian banyak kumpulan protokol atau aturan yang lain. Dalam penggunaan internet sendiri, barangkali perihal ini tak terlampaui diperhatikan oleh pembeli internet. & faktanya nyatanya pemakaian internet protokol ini adalah elemen yg mutlak dalam satu buah pelayanan internet. Meskipun protokol IP ini dapat mengambil data dengan cara aktual, tapi IP ini bakal menyerahkan penyampaian data ini kepada protokol yg lebih tinggi, yakni Transmission Control Protocol yg biasa dikenal juga sebagai TCP.

Transmission Control Protocol (TCP) yaitu suatu protokol standar yg mengatur segala pertukaran data. Keberadaan TCP disini yaitu biar tiap-tiap piranti pc yg mempunyai alamat IP atau IP address ini mampu didapati & dikenali. Internet protokol disini mencakup dua sektor adalah, source Internet Protocol Address & destination Internet Protocol Address. seterusnya IP address atau alamat internet protokol ini serta dibagi lagi jadi dua bidang, yakni network address yg berarti alamat jaringan & node address/host address yg berarti alamat node / alamat host.

Perkembangan Internet

Makin berkembangnya pemakaian internet, berbanding lurus pun bersama perkembangan Internet Protocol. Pekembangan protokol TCP/IP ini dikembangangkan terhadap akhir thn 1970 – an hingga th 1980 – an. TCP/ IP ini ialah suatu protokol yg paling tidak sedikit difungsikan. Dikarenakan protokol ini memakai skema yg sederhana, yg dikenal juga sebagai IP Address atau alamat internet protokol. IP Address atau alamat internet protokol ini memperbolehkan tidak sedikit pc sampai banyaknya ratusan juta agar akan saling berhubungan di internet buat satu sama lain. Protokol ini pun mengalami perubahan seiiring berjalannya dikala. Ada sekian banyak tubuh yg ikut mengembangkan protokol TCP/IP. Aspek ini dilakukan sebab nampak keperluan dapat internet & jaringan computer ini makin meningkat. Tubuh yg ikut berpartisipasi dalam pengembangan ini yaitu Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Architecture Board (IAB), & Internet Sociaty (ISOC). Satu Buah alamat internet protokol atau yg dikenal juga sebagai IP Address terbagi jadi dua merupakan Host Identifier atau HostID & Network Identifier atau NetID. Dalam satu buah Protokol TCP/IP, alamat internet protokol (IP Address) mesti dipunyai oleh tiap-tiap host yg bakal berfungsi juga sebagai tanda pengenal dalam suatu jaringan.

Pemakaian Internet Protokol

Dalam dunia internet yg amat sangat berkembang di dunia ini nyaris seluruh orang mempunyai jaringan internet & pc di hunian masing – masing. Sebab itulah adanya internet protokol in amat sangat bermanfaat. Masing – masing pc ini tidak mau mempunyai suatu IP address yg sama. Lantaran computer ini memiliki keunikan sendiri – sendiri. Pemakaian Internet Protokol ini serta mulai sejak dirasakan sejak th 1981. Seiring berjalannya ketika, version dari internet protokol yg sudah ada juga tetap dikembangkan. Seperti keberadaan Internet Protokol version 4 (IPv4) & Internet Protokol version 6 (IPv6). Ke-2 version internet protokol ini memang lah mempunyai perbedaan. Keberadaan internet protokol version 4 (IPv4) ini semakin disempurnakan bersama adanya Internet Protocol version 6 (IPv6). Tapi demikian, internet protokol version 6 (IPv6) yg dianggap tambah baik daripada internet protocol version 4 (IPv4) ini konsisten menjalani pengembangan sampai sekarang.

Tipe IP Address

Pemakaian internet protokol ini amat berpengaruh kepada tiap-tiap kabar yg dapat diakses. Ada dua kategori internet protokol yg difungsikan sampai diwaktu ini. Yg mula-mula merupakan internet protokol version 4 (IPv4) & internet protokol version 6 (IPv6). Ketika sekian banyak kala sesudah difungsikan didunia internet protokol version 4 (IPv4) ini telah diprediksi dapat habis. Lantaran itulah dibuat pun internet protokol yg mempunyai bit lebih pajang daripada version pada awal mulanya. Internet protokol version 6 (IPv6) ini mempunyai jumlah 128 bit, sedangkan internet protokol version 4 (IPv4) ini mempunyai 32 bit. Dikarenakan itulah internet protokol version 6 (IPv6) ini sedang dikembangkan agar akan mengatasi masalah yg tak dapat diatasi oleh internet protocol version 4 (IPv4).
tambah pengetahuan anda dengan nopikpriyanto.blogspot.com

No comments: